Welcome

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!

SEJARAH VESPA

Senin, 06 Mei 2013


SEJARAH vespa dimulai lebih dari seabad silam, tepatnya 1884. Adalah Enrico Piaggio, pengusaha muda berdarah Italia, yang memulai usahanya di bidang pesawat terbang. Dua puluh tahun kemudian, usahanya itu bangkrut. Namun, Piaggio pantang menyerah.
Ia mulai merancang industri alat transportasi dengan alternatif kendaraan niaga ringan. Maka pada 1945, konstruksi alternatif tersebut ditemukan. Awalnya memang sebuah konsep sepeda motor berkerangka besi dengan lekuk membulat bagai terowong. Mengejutkan, ternyata bagian staternya dirancang dengan menggunakan komponen bom dan rodanya diambil dari roda pesawat tempur.
Hasilnya, muncullah pertama kali produk motor dengan seri P108. Kendaraan ini berteknologi sederhana tetapi punya bentuk yang amat menarik, bagai binatang penyengat (lebah) karena bentuk kerangkanya. Akibat tampilannya itu, motor ini lebih sering dinyatakan sebagai Wespe atau Vespa, yang artinya memang binatang penyengat.
Guna mengoptimalkan bentuk dan keamanan penggunanya, pabrikan yang kala itu masih terbilang sebagai usaha ''kaki lima'' merancang papan penutup kaki pada bagian depan. Proyek ini langsung dipimpin ahli teknik konstruksi terkenal di Italia kala itu, Corradino d'Ascanio. Karena itu, hak paten pun segera dapat mereka kantongi.


Namun, karena bentuk penutup pengaman yang bagai papan selancar itu, sejumlah pekerja di pabrik Piaggio pun bahkan mengatakannya sebagai motor Paperino. Harap diingat, Paperino adalah sindiran sinis untuk tokoh Donald Duck (bebek). Maka, d'Ascanio pun putar akal untuk memperbaiki model tersebut.
Perkembangan selanjutnya, produk ini ternyata laris diserap pasar Prancis, Inggris, Belgia, Spanyol, Brazil, dan India -- selain di pasar domestik produk ini laku bagai kacang goreng. Selain itu, India pun memproduksi jenis dan bentuk yang sama dengan mengambil mesin Bajaj. Jenisnya adalah Bajaj Deluxe dan Bajaj Super. Sejumlah pihak lantas mengajukan lamaran untuk joint membuat Vespa. Maka pada 1950 munculah Vespa 125 cc buatan Jerman.
Pada saat itu banyak negara lain yang mencoba membuat produk serupa, tetapi ternyata mereka tak sedikit pun mampu menyaingi Piaggio. Di antara pesaing itu adalah Lambretta, Heinkel, Zundapp, dan NSU. Bagi masyarakat Indonesia, produk Lambretta dan Zundapp, sempat populer di era 1960-an.
Selidik punya selidik, fanatisme terhadap Vespa ternyata muncul akibat ciri dasar bentuk motor ini yang selalu dipertahankan pada setiap produk berikutnya. Bahkan saat mereka terbilang melakukan ''revolusi'' bentuk pada produk baru, Vespa 150 GS, kekhasan pantat bahenol masih terasa melekat.
Produk 150 GS -- kala itu dikenal sebagai Vespamore dan hampir selalu tampil di tiap film tahun 1960-an -- memang kemudi dan lampu sorotnya mulai dibuat menyatu. Tetapi, secara keseluruhan apalagi bentuk pantatnya, benar-benar masih membulat.
Perkembangan selanjutnya Vespa diarahkan pada bentuk sportif yang nampak pada produknya di tahun 1951. Dan, produk tersebut sempat mendapat mendali emas untuk kategori motor sportif di Eropa. Dan, aktualisasi sportifnya terbukti dengan pecahnya rekor kecepatan 171 km/jam untuk kendaraan Vespa bermesin 125 cc. Sejak itulah para Vespamania terlihat sering berkonvoi ke luar kota secara berombongan.
Khusus untuk Lambretta, sebenarnya diproduksi lebih tua dari Vespa, tetapi sempat terhenti produksinya. Tatkala Vespa berproduksi, Lambretta pun keluar lagi. Hanya, posisi mesinnya berbeda dengan Vespa. Vespa bermesin di samping, sedangkan Lambretta ada di tengah.
Untuk yang buatan Jerman, jenis scooter-nya bernama NSU Prima. Selain itu, DKW juga memproduksi jenis skuter. Ternyata, Jepang pun tak ingin ketinggalan dalam memproduksi motor jenis skuter. Tahun 1960-an, Jepang mengeluarkan jenis scooter Rabit-nya.
Selain Vespa, di Italia ada beberapa produsen motor yang memproduksi jenis scooter ini. Di masa sekarang, bahkan mereka menghasilkan scooter berkecepatan tinggi. Contohnya jenis scooter yang di Italia dikenal Velocivero pabrikan Italjet. Konon, scooter inilah tergolong jenis tercepat di dunia. Kecepatannya melebihi 180 kilometer per jam. Di Indonesia, ada pula jenis seperti ini dipasarkan oleh Aprilia dengan nama Italjet Dragster. Selain itu, Cagiva pun kini menelurkan jenis skuter bernama Cagiva Cucciolo.
Belakangan, sejumlah pabrikan motor kembali membanjiri pasar dengan kendaraan berkapasitas mesin kecil dan cukup laku terserap pasar. Tetapi cobalah perhatikan, bentuknya ternyata banyak yang terinspirasi oleh kegenitan atau bahkan keseksian vespa. Dan, kini pun vespa harus kembali melakukan terobosan, bila ingin kembali populer di tengah pesaingnya.



Piaggio didirikan di Genoa, Italia pada tahun 1884 oleh Rinaldo Piaggio.Bisnis Rinaldo dimulai peralatan kapal. Tapi di akhir abad, Piaggio juga memproduksi Rel Kereta, Gerbong Kereta, body Truck, Mesin dan Kereta api. Pada Perang Dunia I, perusahaannya memproduksi Pesawat Terbang dan Kapal Laut. Pada tahun 1917 Piaggio membeli pabrik baru di Pisa dan 4 tahun kemudian Rinaldo mengambil alih sebuah pabrik kecil di Pontedera di daerah Tuscany Italia. Pabrik di Pontedera inilah yang mana menjadi Pusat produksi pesawat terbangnya (baling-baling, Mesin dan Pesawat) Selama Perang Dunia II, pabrik di Pontedera membuat P108 untuk mesin Pesawat dua penumpang dan Versi Pembom.

Bangkit

Enrico Piaggio mengambil alih perusahan ayahnya (Rinaldo). Enrico memutuskan untuk fokuskan perhatian perusahaannya pada masalah personal Mobility yg dibutuhkan masyarakat Italia. Kemudian bergabunglah Corradino D’Ascanio, Insinyur bidang penerbangan yang berbakat yang merancang, mengkonsep dan menerbangkan Helikopter Modern Pertamanya Piaggio. D’Ascanio membuat rancangan yang simple,ekonomis, nyaman dan juga elegan. D’Ascanio memimpikan sebuah revolusi kendaraan baru. Dengan mengambil gambaran dari tehnologi pesawat terbang, dia membayangkan sebuah kendaraan yang dibangun dengan sebuah "Monocoque” atau Unibody Steel Chassis. Garpu depan seperti Ban mendarat sebuah pesawat yang mana mudah untuk penggantian ban. Hasilnya sebuah design yg terinspirasi dari pesawat yang yang sampai saat ini berbeda dengan kendaraan yang lain. Saat melihat kendaraan itu, Enrique Piaggio berkata " Sambra Una Vespa” ( terlihat seperti Tawon ). Frame depan dirancang untuk melindungi pengendara dari debu jalanan. Pada Akhir 1949, telah di produksi 35000 unit dan dalam 10 tahun telah memproduksi 1 Juta unit dan pada pertengahan tahun 1950, vespa telah diproduksi di German, Great Britain, Prancis, Belgia, Spanyol dan tentu di Italia. Selama tahun 1960-an dan 1970-an Vespa menjadi simbol dari revolusi gagasan pada waktu itu. Dan cerita terus berlanjut saat ini dengan model generasi baru Vespa, mempersembahkan Vespa ET2, Vespa ET4, Vespa Granturismo dan Vespa PX150. Vespa bukan hanya sekedar Scooter tapi salah satu Icon besar orang Italia.



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

Jual aksesoris vespa

Kamis, 02 Mei 2013


VESPA INDONESIA , Not Just Riding

KomunitasVespa Indonesia : Solider, Nyeni, dan Smart

Vespa Indonesia itu bukan sekedar soal mengendarai. Tapi juga tentang karakter positif yang tumbuh menyertai. Persaudaraan antar penggemar scooter ini adalah sesuatu yang kita banggakan. Sesuatu yang langka didapati di negeri ini saat ini. Tidak banyak berkata , tapi langsung action.
Karakter lain yang berkembang adalah rasa estetika atau ekspresi seni yang mendalam.  Dengan berbagai jenis Vespa/Scooter tipe dan modelnya. Rasa seni itu muncul dalam setiap sudut dan wujud. Kadang bisa dimengerti juga kadang sulit dimengerti. Tapi memang seni tidak untuk dimengerti, tapi dirasakan keindahannya. Sebagai bukti bahwa kita memang diciptakan oleh yang Maha Indah.
Dan satu lagi, yaitu SMART. Coba silakan lihat komunitas Vespa Indonesia. Dijamin semua orangnya smart. Tidak harus sekolah yang tinggi atau pintar di sekolah. Tapi cara berfikirnya itu lho...yang Smart. Smart tapi tetap Low Profile.

FEATURED PRODUCTS

·         Windscreen LX
Windscreen LX
Rp 1.850.000
·         Rear side Protection LX
·         Floormat/Karpet vespa LX dan S
·         BAN PIRELLI
BAN PIRELLI
Rp 1.200.000
·         Windscreen vespa S
Windscreen vespa S
Rp 1.800.000
·         Flyscreen Clear vespa S
·         Front bumper vespa S
Front bumper vespa S
Rp 1.050.000
·         Rear side Protection s
·         Foothrest Lipat
Foothrest Lipat
Rp 500.000
·         handlebar zelioni
·         disk brake zelioni
·         gasoline cap
·         wing chrome
wing vespa
Rp 470.000
·         jok singleseater
·         Ban whitewall
·         key chain vespa
·         turn signal
·         front rack vespa s
·         bitubo


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

Cara membuat Vespa Ceper

Selasa, 05 Maret 2013


banyak cara untuk membuat tampilan vespa anda menjadi pusat perhatian orang, ada yang di bikin super mulus catnya, ada juga yang ikut aliran klasik, atau ada juga aliran gembel.. nah saya akan coba mengulas tentang aliran Ceper atau bahasa kerennya Low rider..

vespa ceper di bogor banyak pengemarnya khususnya adalah brother-brother yang tinggal di jalur puncak bogor, kenapa? karena jalur puncak adalah kawasan wisata nasional dan internasional, sehingga jalanan-nya selalu diperhatikan oleh Pemerintah Daerah dalam hal ini adalah Departemen PU untuk selalu mulus dan tidak berlubang itu jalan.

cara membuatnya:
adalah dengan tidak perlu potong fork cukup potong per spiralnya 2 ulir /atau 4 ulir sesuai kebutuhan dengan menggunakan gerinda, dengan cara ini kerja shock masih bisa dimanfaatkan dan bantingan suspensi tidak terlalu keras, per spiral yang di gerinda adalah ujung atas.
untuk per belakang, diganti dengan menggunakan sokbleker super bagian depan tentu dengan memodifikasi bagian atasnya sehingga dapat dipasang seperti umumnya sokbleker belakang vespa, atau ada juga yang menggunakan sokbleker motor lain yang lebih pendek dari bawaan vespa.
untuk spakbor depan, apabila ingin lebih menutup ban, maka di tinggal dibawa ke tukang las untuk dilakukan penambahan besi plat.


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer